Daftar Isi Belajar Web dan Blog

Spesial Edition

Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Menggunakan Powerpoint dan iSpring


Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Menggunakan Powerpoint dan iSpring



Dalam membuat materi pembelajaran berbasis teknologi informasi konten berbasis Flash merupakan salah satu aplikasi favorit yang dipakai untuk pembuatannya. Dengan menggunakan Flash kita dapat membuat konten pembelajaran yang menarik baik secara visual maupun sisi interaktifitasnya.  Akan tetapi kekurangan dari Flash adalah proses pembuatan yang relatif sulit. Untuk membuat konten Flash, kita harus mampu menggunakan software Adobe Flash (dulu dikenal sebagai Macromedia Flash).  Selain teknik desain, dalam pembuatan Flash pengembang juga harus menguasai script pemogramannya yaitu ActionScript, terutama apabila ingin membuat aplikasi yang kompleks. Hal ini tentu saja menjadi salah satu kendala dimana jumlah pengembang konten yang mampu membuat konten Flash relatif sedikit dan ujung-ujungnya konten yang dihasilkan juga tidak terlalu banyak.
iSpring Presenter
Untuk mengatasi kerumitan pembuatan Flash, beberapa vendor perangkat lunak telah mengeluarkan produk-produk yang memudahkan untuk membuat konten berbasis Flash. Dengan menggunakan alat bantu ini maka kita dapat membuat konten Flash tanpa harus menguasai pemrograman. Kebanyakan alat bantu ini menggunakan aplikasi PowerPoint untuk pembuatan disain, animasi maupun narasi/suara. Konten dibuat terlebih dahulu menggunakan PowerPoint dan setelah semua lengkap maka dengan memanfaatkan alat bantu berupa software pengkonversi (converter) maka konten yang berformat PowerPoint (PPT) tersebut dikonversi menjadi berbasis Flash (SWF). Dengan demikian kita hanya perlu menguasai teknik pembuatan konten pembelajaran dengan menggunakan PowerPoint saja dan proses  untuk menjadikan Flash akan dilakukan otomatis oleh software.
Multimedia Pembelajaran Interaktif
Berikut ini merupakan contoh media pembelajaran serta tutorial yang dibuat menggunakan PowerPoint yang sudah diconvert menggunakan iSpring menjadi file Flash.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Entri Populer

Total Tayangan

Pengunjung

Flag Counter

Cari Blog Ini

Entri Populer

Entri Populer

Diberdayakan oleh Blogger.